Berikut adalah hasil ;
A. Definisi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
ketiga istilah tersebut bermakna sebagai berikut:
1. Eksplorasi adalah kegiatan untuk
memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari situasi
yang baru.
2. Elaborasi adalah penggarapan secara
tekun dan cermat.
3. Konfrimasi adalah pembenaran,
penegasan, dan pengesahan
B. Aplikasi ketiga istilah tersebut
dalam rancangan dan proses pembelajaran
Pengaplikasian ketiga istilah tersebut
dalam rancangan dan proses pembelajaran adalah
sebagai berikut ;
1. Eksplorasi :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru
melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun
informasi, menggunakan media untuk
memperkaya pengalaman mengelola informasi,
memfasilitasi peserta didik berinteraksi
sehingga peserta didik aktif, medorong peserta didik
mengamati berbagai gejala, menangkap
tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada
peristiwa lain, mengamati objek di
lapangan dan labolatorium.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam
siklus ekplorasi adalah
Peserta didik :
- menggali informasi dengan membaca,
berdikusi, atau percobaan
- mengumpulkan dan mengolah data
Guru :
- menggunakan berbagai pendekatan dan
media
- memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta
didik dengan sumber belajar
- melibatkan peserta didik secara aktif
2. Elaborasi
Dalarn kegiatan elaborasi, guru
mendorong peserta didik membaca dan menuliskan hasil
eksplorasi, mendiskusikan, mendengar
pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu,
menganalisis kekuatan atau kelemahan
argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu,
membangun kesepakatan melalui kegiatan
kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta
didik membaca dan menulis, menguji
prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan
menyusun laporan atau tulisan,
menyajikan hasil belajar.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam
siklus elaborasi adalah
Peserta didik :
- melaporkan hasil eksplorasi secara
lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
- menanggapi laporan atau pendapat teman
- mengajukan argumentasi dengan santun
Guru :
- memfasilitasi peserta didik untuk
berpikir kritis, menganalisis, meemcahkan masalah,
bertindak tanpa rasa takut
- memfasilitasi peserta didik untuk
berkompetisi
3. Konfirmasi :
Dalam kegiatan konfirmasi, guru
memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan
peserta didik melalui pengalaman
belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan
kelemahan hasil belajar dengan
menggunakan teori yang dikuasi guru , menambah informasi
yang seharusnya dikuasai peserta didik,
mendorong peserta didik untuk menggunakan
pengetahuan lebih lanjut dari sumber
yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan
kompetensi belajar agar lebih bermakna.
Setelah memeperoleh keyakinan, maka peserta didik
mengerjakan tugas-tugas untuk
mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan
kontekstual.Guru membantu peserta didik
menyelesikan masalah dan menerapkan ilmu dalam
aktivitas yang nyata dalam kehidupan
sehari-hari.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam
siklus konfirmasi
Peserta didik :
- melakukan refleksi terhadap pengalaman
belajarnya
Guru :
- memberi umpan balik positif kepada
peserta didik
- memberi konfirmasi melalui berbagai
sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
- berperan sebagai narasumber dan fasilitator
- memberi acuan agar peserta didik
melakukan pengecekan hasil ekplorasi
- memberi motivasi kepada peserta didik
0 comments:
Post a Comment