Bagi para pendidik atau calon pendidik khususnya di Taman Kanak-kanak atau di Raudlatul Athfal (RA), inilah Program Tahunan yang biasanya digunakan untuk panduan sebagai proses pembelajaran di sekolah.
PROGRAM
TAHUNAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI RA AL-IKHLAS
USIA
4-5 TAHUN
NO
|
LINGKUP PENGEMBANGAN
|
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
|
SEMESTER 1
|
SEMESTER 2
|
||||||||||
1
|
Akhlakul
Karimah, Sosial emosional dan kemandirian (ASK)
|
1. Mengenal
tata cara berakhlak kepada Allah
|
07
|
08
|
09
|
10
|
11
|
12
|
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
06
|
|
|
2. Memiliki
akhlak yang baik dalam diri sendiri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Mengenal
tata cara berakhlak kepada sesama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Mengenal
tata cara berakhlak dan berprilaku tehadap binatang dan alam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Menunjukan
sikap kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Bertanggung
jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. Menunjukan
sikap kemandirian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. Mengendaalikan
perasaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. Menunjukan
rasa percaya diri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
1. Dapat
mengenal 6 aspek rukun iman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Dapat
mengenal 5 aspek rukun islam dan cara beramal sholeh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
BAHASA
A.
Menerima
bahasa
|
1.
Menyimak perkataan orang lain (bahasa
ibu atau bahasa lainnya)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Mengerti
2 perintah yang diberikan bersamaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memahami
cerita yang dibacakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Mengenal
pembendaharaan kata (nakal, pelit, baik hati, berani, jelek,dsb)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
B.
Mengungkapkan
bahasa
|
5.
Mengulang kalimat sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Menjawab
pertanyaan sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
7. Mengungkapakan
perasaan dengan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek dsb)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
8. Menyebutkan
kata-kata yang dikenal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
9. Mengutarakan
pendapat kepada orang lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
10. Menyatakan
alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidak setujuan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
11. Menceritakan
kembali cerita /dongeng yang pernah didengar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
c. keaksaraan
|
12. Mengenal
simbol-simbol
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13. Mengenal
suara hewan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
14. Membuat coretan yang bermakna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
15. Meniru
huruf
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
KOGNITIF
A.
Pengetahuan
umum dan sains
|
1.
Mengenal benda berdasarkan fungsi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Menggunakan benda-benda sebagai
permainan simbolik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Mengenal gejala sebab akibat yang terkait dengan dirinya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
4.
Mengenal konsep sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan
idenya sendiri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 comments:
Post a Comment