Pages

Saturday, December 22, 2012

Atasi Stress Saat Macet

Masa liburan sekolah tidak terlepas dari liburan keluarga. Ketika liburan dengan menggunakan kendaraan pribadi sudah pasti tidak akan terlepas dari kemacetan. Situasi ini yang akan menjadikan liburan menjadi tidak nyaman.
Karena ketika macet melanda, penumpang akan terpancing emosinya dan akhirnya akan merasa jengkel dan emosi. Kondisi seperti inilah yang harusnya tidak ditemukan ketika kita akan berlibur dengan keluarga.

Melalui tulisan ini, saya akan memberikan tips untuk mengatasi stress saat macet di perjalanan ketika akan liburan. Berikut tips yang dapat dicoba oleh seluruh keluarga yang akan berlibur:
  1. Konsumsi Makanan ringan dan Minumlah Air Putih Tapi Tidak Berlebihan. Menkonsumsi makanan ringan ketika dihadapkan pada kondisi kemacetan di perjalanan dapat menghilangkan stress dan kebosanan yang timbul. Selain itu minumlah air mineral atau air putih yang telah disiapkan sebelumnya.
  2. Matikan Mesin Kendaraan.  Apabila kondisi jalanan macet total dalam artian tidak dapat bergerak sedikitpun, maka yang harus dilakukan adalah dengan mematikan mesin kendaraan. Apabila menggunakan mobil atau kendaraan roda 4 lainnya, yang perlu dilakukan adalah buka kaca jendela kendaraan agar sirkulasi udara di dalam kendaraan dapat berputar. 
  3. Mendengarkan Musik. Hal yang dapat dilakukan ketika macet adalah dengan mendengarkan musik, tentunya sesuai dengan lagu dan musik favorit masing-masing. Sebuah studi mengatakan bahwa terdapat suatu hubungan kausal antara inti otak dengan musik yang bisa bereaksi terhadap rangsangan seperti makanan, cahaya ataupun meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen. 
  4. Kontrol Emosi dan Tidak Terpancing Dengan  Gaya Berkendara Pengendara Lain. Tentu saja ketika berpengendara banyak yang ditemui diantaranya adalah gaya berkendara pengendara lain. Maka yang harus dilakukan adalah kontrol emosi agar tidak terpancing.
  5. Konsentrasi Penuh. Tidak dapat dipungkiri, konsentrasi penuh menjadi hal yang paling penting saat berkendara, karena bukan tidak mungkin, hal-hal yang tidak diinginkan akan datang. Ketika kita berkonsentrasi penuh pada perjalanan kita, maka sekurang-kurangnya kita dapat menghindari atau mengurangi kecelakaan yang tidak diinginkan.  
  6. Baca Buku atau Main Game. Bagi para penumpang kendaraan, hal yang dapat dilakukan ketika menghadapi kemacetan adalah dengan membaca buku atau bermain game yang ada di handphone atau PSP. Hal ini dilakukan untuk mengalihkan fokus pada kemacetan, selain itu dengan membaca buku atau bermain game juga bisa menjadi sebuah alternative. Hal ini sebenarnya jarang dilakukan oleh beberapa pengendara, namun setelah membaca artikel ini tak salahnya mencoba ketika mengalami kemacetan dijalanan.
Demikianlah tips yang dapat saya berikan, semoga tips tadi dapat bermanfaat bagi pembaca yang akan berlibur dengan berkendara pribadi atau umum. 
Selamat Berlibur ....
Thank's .... 

0 comments:

Post a Comment