Pages

Thursday, December 20, 2012

Singkong Jago Sebagai Obat Rematik


Penyakit Rematik telah menjadi penyakit yang sering dialami oleh setiap orang baik tua ataupun muda. Berbagai macam obat dari bahan kimia tidak dipungkiri memiliki efek samping yang sangat besar bagi penggunanya. Padahal masih banyak tumbuhan alami yang dapat dijadikan obat herbal bagi berbagai penyakit, salah satunya adalah Singkong Jago yang dijadikan obat herbal untuk penyakit Rematik.
 

Singkong dikenal juga sebagai tanaman rakyat karena banyak dikonsumsi masyarakat terutama di daerah pegunungan. Tanaman jenis umbi-umbian ini juga tidak sulit ditemui karena mudah tumbuh di tanah yang subur.Menurut ahli herbal, Ning Harmanto, efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah nafsu makan. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi.

Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, dan zat besi. Adapun kandungan vitamin yang dimiliki yakni vitamin B dan C. Selain pada daging umbi, kandungan juga terdapat pada daun yang mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi.

Kulit batangnya juga mengandung tanin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat. Semua bagian berguna untuk pengobatan tradisional.
Singkong banyak dikonsumsi sebagai makanan. Bahkan beberapa daerah menjadikannya sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Tetapi, di luar fungsinya sebagai makanan yang mengenyangkan, singkong memiliki khasiat sebagai obat rematik.

Sebagai bahan alami pengurang sakit rematik, singkong bisa digunakan untuk obat pemakaian dalam dan luar. Pada pemakaian luar bisa disiapkan lima lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. 

Sementara, untuk pemakaian dalam bisa disiapkan dengan dua batang singkong besar, satu batang sereh, dan 15 gram jahe direbus dengan lima gelas air hingga tersisa dua gelas. Setelah disaring, air diminum untuk dua kali pada pagi dan sore hari.

Rematik merupakan penyakit yang menyerang persendian. Selain menyerang persendian, penyakit itu juga menyerang otot dan urat semua umur. Pada penderita rematik, saat tubuh digerakkan maka tulang-tulang di persendian bersinggungan sehingga memicu rasa nyeri. Gejala yang dialami yakni bengkak pada sendi, rasa nyeri, dan demam.

Selain daging singkong, daunnya juga berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit, antara lain:
1. Demam
- 1 batang daun ubi kayu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih
- Saring untuk diambil airnya
- Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore
- 3 lembar daun ubi ditumbuk halus dan dipergunakan sebagai kompres
2. Diare
- 7 lembar daun ubi kayu direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas
- Saring untuk diambil airnya
- Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore
- Apabila diare diderita anak yang masih menyusui, ramuan diminum ibunya
3. Obati cacing perut
- Kulit batang ubi secukupnya direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas
- Saring untuk diambil airnya
- Diminum menjelang tidur malam
4. Mata sering kabur
- Daun ubi kayu secukupnya direbus, diberi bumbu garam dan bawang putih secukupnya
- Makan bersama nasi setiap hari
5. Menambah nafsu makan
- Daun ubi secukupnya, direbus, diberi bumbu garam dan bawang putih secukupnya
- Dimakan bersama nasi dan sambal tomat
6. Luka melepuh
- Batang daun yang masih muda ditumbuk halus
- Ambil 1 potong buah ubi diparut, dan ditiriskan airnya
- Campurkan semua ramuan, kemudian diusapkan ke bagian tubuh yang luka.

0 comments:

Post a Comment