Pages

Wednesday, March 20, 2013

Materi Akuntansi


Definisi Akuntansi Menurut Beberapa Ahli



Bagi anda yang sedang mencari definisi tentang Akuntansi maka tepat sekali anda membuka blog ini. Karena disini saya akan menyampaikan beberapa definisi Akuntansi menurut beberapa hali, yang mana dapat anda baca langsung disini.

Encyclopedia Britanicca (1962)

Akuntansi adalah istilah yang luas yang menunjukan teori tertentu, asumsi-asumsi mengenai cara bertindak (behavior), peraturan-peraturan cara mengukur dan prosedur untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi yang berguna tentang kegiatan-kegiatan dan tujuan-tujuan suatu organisasi.


American Institue Of Certified  Public Accounting (AICPA)

Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.


American Accounting Association

“Accounting as the process identifying, measuring, and communicating economic information to permit informed judgement and decisions by users of the information.”

“Akuntansi merupakan proses mengidentifikasikan, mengkur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.”


Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison

Akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktifitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada kepada para pemberi keputusan.


Warren (2005:10)

Akuntansi merupakan sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.


Soemarso S.R

Akuntansi adalah suatu disiplin yang menyediakan informasi penting sehingga memungkinkan adanya pelaksanaan dan penilaian jalannya perusahaan secara efisien.


Rudianto

Akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.


Accounting Principle Board Statement

Akuntansi sebagai suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk memmemberikan informasi kuanta dalam ukuran uang, mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keutusan ekonomi yang digunakan dlam memilih diantara beberapa alternatif.


FSAB

Accountings is the body knowledge and functions concered with systematic orginating, recording, classifying, processing, summerizing, analyzing,interpreting and supplying of dependable and significant information covering, transaction, and event wich are, in part at least, of financial character, required for the management and operation of an entity and for for report thet have to be submitted there on to meet fiduciary and other responsibilities.

Bacaan terkait:

0 comments:

Post a Comment