Pages

Sunday, February 17, 2013

Latihan Otak Berdasarkan Metode Fritz Brain

Otak merupakan bagian yang paling penting dari tubuh kita. Mengapa kita katakan seperti itu, karena semua gerakan tubuh, semua fungsi organ-organ tubuh, dan semua pusat kehidupan kita terleatk di otak. Mari ambil contoh:
  • Jantung, yang merupakan organ yang memompa darah kita ke seluruh tubuh, denyutnya di atur oleh susunan saraf otonom yang berpusat di otak.
  • Paru-paru, sebagai tempat pertukaran udara yang kita hirup, fungsinya dikendalikan oleh batang otak.
  • Belaian tangan kita ke rambut kekasih kita yang halus, merupakan sebuah contoh dari suatu rumitnya untaian kerja dari sistem otak.
  • Dan tanpa disadari namun selalu kita rasakan adalah bahwa pusat ingatan kita, memori yang kita pelajari sejak kita baru lahir saat ini hingga di akhir usia kita kelak, tersimpan rapi dan siap dipanggil oleh otak kita yang sangat hebat.
Berdasarkan semua contoh di atas (dan masih sangat banyak lagi contoh yang bila kita sebutkan satu persatu, maka akan dapat membuat sebuah novel setebal dari 100.000 halaman) itu, maka tidak dapat dipungkiri lagi adanya suatu kenyataan, bahwa semua organ tubuh kita, semua fungsi tubuh kita diatur oleeh otak. Sehingga tidak salah apabila kemudia dekade ini disebut "brain decade", dikarenakan begitu banyaknya fungsi dari otak yang dapat dan masih banyak lagi yang harus dipelajari.
Sedemikian pentingnya fungsi otak tersebut, hingga banyak peneliti merasa terpanggil untuk terus menelaah semua fungsi dan kegunaan dari otak kita. Kemudian ditemukanlah berbagai fakta yang sangat menakjubkan, yang salah satunya adalah: (kita manusia normal pada umumnya ini), hanya menggunakan tidak lebih dari 10% kapasitas total otak kita. Jika seseorang dapat menggunakan 100% dari kapasitas otaknya, maka:
  1. Seorang profesor dalam 8 bidang yang berbeda, dengan masing-masing bidang tersebut meraih penghargaan dengan predikat dengan pujian.
  2. Manusia dapat menguasai 8 bahasa penting yang ada di dunia ini.
  3. Manusia mampu mengingat tiga bulu daftar nama-nama beserta nomor telefonnya, yang masing-masing buku telefon tersebut memuat lebih dari 5000 nama, dll.
Lalu, mengapa anda selalu mengeluh bahwa semakin tua anda semakin menurun pula daya ingatnya? Atau keluhan lainnya seperti, bahwa anda memang dilahirkan bukan untuk menjadi yang pintar! 
Perlu kami ingatkan disini, bahwa sudah dibuktikan dan disebarluaskan secara umum, bahwa secara anatomi tidak terdapat suatu perbedaan anatomi antara otak seorang Albert Einstein dengan otak anda.
Permasalan yang ada hanyalah bahwa kita tidak sadar, bahkan tidak tahu akan kemampuan otak kita sebenarnya, dan kita jaranag sekali melatih otak kita secara teratur.
Tulisan ini akan membimbing anda bagaimana melatih otak anda secara teratur dan berkelanjutan. Namun jangan lupa untuk terus mengkonsumsi makanan yang sehat; berolahraga secara teratur (diselingi juga dengan senam otak), dan bila memungkinkan, mulailah meninggalkan aktivitas yang akan merusak tubuh anda sendiri.
Latihan otak ini hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat hanya 10 menit setiap hari dan dilakukan selama 30 hari. Jadi, ikuti terus latihan otak yang akan saya share setiap harinya.
Sumber: Tim Power Brain Indonesia, 2004. Latihan Otak; Optimalisasi Fungsi 10 menit dalam sehari selama 30 hari dengan Metode Fritz' Brain. Jakarta: Intimedia.

0 comments:

Post a Comment