Strees Karena Numpuk Kerjaan
Stress
memang sifat manusia yang selalu muncul kapan saja, dimana saja dan hal apapun
itu. Banyak alasan orang menjadi stress, terlebih ketika numpuknya pekerjaan
dan suasana hati yang tidak mendukung dalam mengerjakannya. Dengan sering
stress dalam pekerjaan, bisa jadi yang menjadi alasan kinerja orang tersebut
akan menurun dan prestasinya pun senantiasa akan menurun pula. Lewat tulisan
ini
saya akan berbagi pengalaman dengan pembaca agar dapat mengatasi stress
karena numpuknya pekerjaan. Berikut ini solusi yang dapat anda lakukan:
1. Tinggal dekat Tempat Kerja/Akses Mudah
Ketika tempat tinggal anda jauh dari tempat kerja,
maka di awal kegiatan anda harus berusaha keras agar dapat tiba di tempat kerja
dengan tepat waktu. Dan ketika pulang anda senantiasa harus lebih bersabar
hingga tiba di rumah anda. Masalah tadi merupakan awal dari timbulnya stress di
tempat kerja. Kenapa tidak, karena mungkin di perjalanan anda menemukan sesuatu
yang menjengkelkan dan membuat suasana hati jadi tak karuan. Macet, hujan, asap
kendaraan lain, ban bocor, dll itulah yang terkadang menjadi penyebab anda
stress mengawali kegiatan. Akhirnya stress di perjalanan akan terbawa ke tempat
kerja, sehingga akan berpengaruh terhadap pekerjaan yang akan anda kerjakan.
Maka, sebaiknya tempat tinggal anda ekat dengan tempat kerja atau apabila
tempat tinggal anda jauh dari tempat kerja, carilah akses jalan yang bebas
hambatan dan bebas masalah.
2. Tidak Membawa Pulang Kerjaan
Rumah merupakan tempat anda bersosialisasi dengan
keluarga dan tetangga anda, maka
Lingkungan rumah seharusnya tidak dicampuri dengan
pekerjaan yang anda bawa dari tempat kerja. Karena dengan membawa pulang
pekerjaan anda ke tempat tinggal, sangat mungkin akan berpengaruh kepada
kebiasaan dan suasan rumah tempat tinggal anda sendiri. Maka, baiknya anda
tidak membawa pulang kerjaan dan ciptakan suasana rumah yang penuh dengan kasih
saying setiap warga rumah.
3. Ciptakan Rasa Kekeluargaan dengan Rekan, Atasan dan
Bawahan
Suasana tempat kerja yang formal dapat berpengaruh
terhadap kinerja dan warganya itu sendiri. Kondisi yang akan ditemukan ketika
suasana itu timbul adalah keteganan yang terus menerus. Maka ciptakanlah
suasana kekeluargaan di tempat kerja sehingga akan menciptakan suasan kerja yang harmonis dan
dinamis.
4. Bekerja Untuk Ibadah
keikhlasan dalam melakukan apapun dan dimanapun anda
bekerja akan senantiasa meningkatkan keimanan kita. Agar dalam bekerja anda
mendapatkan suasana yang nyaman, tenang, damai, tenteram dan tanpa beban maka
bekerjalah dengan niat ibadah.
5. Cari Cara Untuk Mempermudah Pekerjaan Tapi Tidak
Menyepelekan
Dalam menjalani pekerjaan maka cariah cara agar anda
dapat mengerjakan pekerjaan dengan cara yang mudah tapi cepat. Tapi ada yang harus
anda ingat, jangan sekali-kali menyepelekan pekerjaan. Karena itu yang akan
mengakibatkan pekerjaan menumpuk dan anda stress menghadapi pekerjaan yang
begitu banyak. Ketika kerjaan anda berhubungan dengan koneksi internet,
terkadang koneksi yang anda butuhkan (error, LoLa (loading Lama)) maka sabarlah
dan cari cara yang lain agar dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan anda.
6. Cari Peluang Kerja yang Enak
Posisi anda di tempat kerja mungkin tidak sesuai
dengan keinginan anda sebelumnya. Anda dapat mengungkapkan keluh kesah anda
kepada HRD atau atasan anda, lalu minta pandangan dan solusi yang tepat unutk
anda. Apabila itu telah dilakukan maka tunjukkan kemampuan dan talenta anda
dengan sebaik-baiknya agar pihak perusahaan dapat melihat kemampuan anda dan
memungkinkan dapat mengisi peluang yang kosong dan sesuai dengan kemampuan
anda.
7. Tidak Menggantungkan hidup pada Pekerjaan
Dalam kondisi tempat kerja yang sedang morat-marit
karena sedang pailit, maka anda tidak perlu ikut-ikutan memikirkan permasalahan
tersebut karena ada yang lebih berhak memikirkannya. Yang perlu anda pikirkan
adalah bagaiamana anda mencari solusi untuk kelangsungan hidup anda tanpa
menggantungkan pada pekerjaan secara penuh. Cari kegiatan yang sekiranya dapat
menambah pemasukan dan penghasilan anda. Sehingga ketika kemungkinan buruk dari
tempat kerja menimpa anda, maka anda telah menemukan solusi yang terbaik dan
menghasilkan.
8. Manfaatkan Waktu Istirahat dengan sebaik-baiknya
Waktu istirahat merupakan waktu yang tepat untuk anda
refreshing, men-charg pikiran anda, dan mencari berbagai inspirasi. Banyak
kegiatan yang dapat anda lakukan ketika waktu istirahat tiba, yaitu: mengisi
perut anda dengan makanan, nongkrong di warung kopi, tidur sebentar, ngemil,
ngobrol dengan rekan kerja, cuci mata, bermai game (PS), dan masih banyak kegiatan lain yang sesuai dengan
keinginan anda.
9. Tinggalkan Budaya Buruk Tempat Kerja
Terkadang budaya buruk pada tempat kerja seolah
menjadi budaya bagi para pegawainya. Misalnya: junior yang harus hormat kepada
senior, terdapat kesenjangan sosial antar pegawai, semena-mena pada pegawai
yang baru, dan lain-lain.
10. Rajin Bercanda
Semakin serius(tegang) anda bekerja maka semakin berat beban yang anda pikul
dalam melakukan pekerjaan. Maka solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi
hal tersebut adalah dengan bercanda. Karena bercanda merupakan kegiatan yang
dapat mencairkan ketegangan pada saat bekerja. Dengan bercanda, maka setidaknya
mimik muka anda akan berubah cerah karena tersenyum, pikiran membuat badan dan
pikiran menjadi segar, dan lain-lain.
11. Kuasai Bidang Pekerjaan dan Permasalahannya
Segala sesuatu pekerjaan pasti tidak terlepas dari
masalah. Masalah yang dihadapi jangan dijadikan sebagai hambatan, melainkan
dijadikan sebagai tantangan demi keajuan anda. Hal yang harus anda lakukan
adalah dengan menganalisa berbagai permasalahan yang ada dalam bidang pekerjaan
anda, lalu carikan solusi yang terbaik dalam mengatasi masalah tersebut. Sehingga anda tidak kaget
lagi ketika menghadapi masalah tersebut, bahkan anda sudah mempunyai solusi
untuk menyelesaikannya.
12. Atasi Konflik dengan Musyawarah
Dimanapun anda berada pasti permasalahan akan
menghantui anda. Berbagai pandangan antar pegawai akan menimbulkan masalah dan
menyebabkan konflik. Dalam menghadapi konflik seperti itu, maka cerdaslah anda
meneyelesaikan masalah tersebut dengan musyawarah. Karena dengan musyawarah
permasalahan yang terlanjur menjadi konflik diharapkan dapat diselesaikan degan
kepala dingin.
13. Bawa Barang-barang Favorit Anda
Melakukan pekerjaan merupakan suatu pekerjaan yang
harus dijalani dengan enjoy dan hati yang senang. Maka tidak ada salahnya anda
mengerjakan pekerjaan anda dengan didampingi barang-barang favorit anda. Buat senyaman
mungkin suasana kerja anda dengan barang-barang tersebut, sehingga kinerja anda
menjadi lebih baik. Adapun barang-barang yang mungkin dapat anda bawa berupa:
boneka, aksesoris, makanan ringan, foto-foto, atau barang lain yang anda sukai
dan sekiranya dapat menimbulkan motivasi dan semangat bagi anda untuk bekerja.
Demikianlah
tips yang saya dapat sampaikan kepada anda pekerja keras, semoga tulisan saya
dapat bermanfaat bagi kinerja anda di tempat kerja dan semoga dapat
diinformasikan ke rekan kerja yang lainnya.
Thank’s
….
0 comments:
Post a Comment