Pages

Thursday, January 17, 2013

Atasi Stress Karena Kerjaan



Strees Karena Numpuk Kerjaan
Stress memang sifat manusia yang selalu muncul kapan saja, dimana saja dan hal apapun itu. Banyak alasan orang menjadi stress, terlebih ketika numpuknya pekerjaan dan suasana hati yang tidak mendukung dalam mengerjakannya. Dengan sering stress dalam pekerjaan, bisa jadi yang menjadi alasan kinerja orang tersebut akan menurun dan prestasinya pun senantiasa akan menurun pula. Lewat tulisan ini
saya akan berbagi pengalaman dengan pembaca agar dapat mengatasi stress karena numpuknya pekerjaan. Berikut ini solusi yang dapat anda lakukan:

1.     Tinggal dekat Tempat Kerja/Akses Mudah
Ketika tempat tinggal anda jauh dari tempat kerja, maka di awal kegiatan anda harus berusaha keras agar dapat tiba di tempat kerja dengan tepat waktu. Dan ketika pulang anda senantiasa harus lebih bersabar hingga tiba di rumah anda. Masalah tadi merupakan awal dari timbulnya stress di tempat kerja. Kenapa tidak, karena mungkin di perjalanan anda menemukan sesuatu yang menjengkelkan dan membuat suasana hati jadi tak karuan. Macet, hujan, asap kendaraan lain, ban bocor, dll itulah yang terkadang menjadi penyebab anda stress mengawali kegiatan. Akhirnya stress di perjalanan akan terbawa ke tempat kerja, sehingga akan berpengaruh terhadap pekerjaan yang akan anda kerjakan. Maka, sebaiknya tempat tinggal anda ekat dengan tempat kerja atau apabila tempat tinggal anda jauh dari tempat kerja, carilah akses jalan yang bebas hambatan dan bebas masalah.

2.     Tidak Membawa Pulang Kerjaan
Rumah merupakan tempat anda bersosialisasi dengan keluarga dan tetangga anda, maka
Lingkungan rumah seharusnya tidak dicampuri dengan pekerjaan yang anda bawa dari tempat kerja. Karena dengan membawa pulang pekerjaan anda ke tempat tinggal, sangat mungkin akan berpengaruh kepada kebiasaan dan suasan rumah tempat tinggal anda sendiri. Maka, baiknya anda tidak membawa pulang kerjaan dan ciptakan suasana rumah yang penuh dengan kasih saying setiap warga rumah.

3.     Ciptakan Rasa Kekeluargaan dengan Rekan, Atasan dan Bawahan
Suasana tempat kerja yang formal dapat berpengaruh terhadap kinerja dan warganya itu sendiri. Kondisi yang akan ditemukan ketika suasana itu timbul adalah keteganan yang terus menerus. Maka ciptakanlah suasana kekeluargaan di tempat kerja sehingga akan  menciptakan suasan kerja yang harmonis dan dinamis.

4.     Bekerja Untuk Ibadah
keikhlasan dalam melakukan apapun dan dimanapun anda bekerja akan senantiasa meningkatkan keimanan kita. Agar dalam bekerja anda mendapatkan suasana yang nyaman, tenang, damai, tenteram dan tanpa beban maka bekerjalah dengan niat ibadah.

5.     Cari Cara Untuk Mempermudah Pekerjaan Tapi Tidak Menyepelekan
Dalam menjalani pekerjaan maka cariah cara agar anda dapat mengerjakan pekerjaan dengan cara yang mudah tapi cepat. Tapi ada yang harus anda ingat, jangan sekali-kali menyepelekan pekerjaan. Karena itu yang akan mengakibatkan pekerjaan menumpuk dan anda stress menghadapi pekerjaan yang begitu banyak. Ketika kerjaan anda berhubungan dengan koneksi internet, terkadang koneksi yang anda butuhkan (error, LoLa (loading Lama)) maka sabarlah dan cari cara yang lain agar dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan anda.

6.     Cari Peluang Kerja yang Enak
Posisi anda di tempat kerja mungkin tidak sesuai dengan keinginan anda sebelumnya. Anda dapat mengungkapkan keluh kesah anda kepada HRD atau atasan anda, lalu minta pandangan dan solusi yang tepat unutk anda. Apabila itu telah dilakukan maka tunjukkan kemampuan dan talenta anda dengan sebaik-baiknya agar pihak perusahaan dapat melihat kemampuan anda dan memungkinkan dapat mengisi peluang yang kosong dan sesuai dengan kemampuan anda.

7.     Tidak Menggantungkan hidup pada Pekerjaan
Dalam kondisi tempat kerja yang sedang morat-marit karena sedang pailit, maka anda tidak perlu ikut-ikutan memikirkan permasalahan tersebut karena ada yang lebih berhak memikirkannya. Yang perlu anda pikirkan adalah bagaiamana anda mencari solusi untuk kelangsungan hidup anda tanpa menggantungkan pada pekerjaan secara penuh. Cari kegiatan yang sekiranya dapat menambah pemasukan dan penghasilan anda. Sehingga ketika kemungkinan buruk dari tempat kerja menimpa anda, maka anda telah menemukan solusi yang terbaik dan menghasilkan.

8.     Manfaatkan Waktu Istirahat dengan sebaik-baiknya
Waktu istirahat merupakan waktu yang tepat untuk anda refreshing, men-charg pikiran anda, dan mencari berbagai inspirasi. Banyak kegiatan yang dapat anda lakukan ketika waktu istirahat tiba, yaitu: mengisi perut anda dengan makanan, nongkrong di warung kopi, tidur sebentar, ngemil, ngobrol dengan rekan kerja, cuci mata, bermai game (PS), dan masih  banyak kegiatan lain yang sesuai dengan keinginan anda.

9.     Tinggalkan Budaya Buruk Tempat Kerja
Terkadang budaya buruk pada tempat kerja seolah menjadi budaya bagi para pegawainya. Misalnya: junior yang harus hormat kepada senior, terdapat kesenjangan sosial antar pegawai, semena-mena pada pegawai yang baru, dan lain-lain.

10.  Rajin Bercanda
Semakin serius(tegang) anda bekerja  maka semakin berat beban yang anda pikul dalam melakukan pekerjaan. Maka solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan bercanda. Karena bercanda merupakan kegiatan yang dapat mencairkan ketegangan pada saat bekerja. Dengan bercanda, maka setidaknya mimik muka anda akan berubah cerah karena tersenyum, pikiran membuat badan dan pikiran menjadi segar, dan lain-lain.

11.  Kuasai Bidang Pekerjaan dan Permasalahannya
Segala sesuatu pekerjaan pasti tidak terlepas dari masalah. Masalah yang dihadapi jangan dijadikan sebagai hambatan, melainkan dijadikan sebagai tantangan demi keajuan anda. Hal yang harus anda lakukan adalah dengan menganalisa berbagai permasalahan yang ada dalam bidang pekerjaan anda, lalu carikan solusi yang terbaik dalam mengatasi  masalah tersebut. Sehingga anda tidak kaget lagi ketika menghadapi masalah tersebut, bahkan anda sudah mempunyai solusi untuk menyelesaikannya.

12.  Atasi Konflik dengan Musyawarah
Dimanapun anda berada pasti permasalahan akan menghantui anda. Berbagai pandangan antar pegawai akan menimbulkan masalah dan menyebabkan konflik. Dalam menghadapi konflik seperti itu, maka cerdaslah anda meneyelesaikan masalah tersebut dengan musyawarah. Karena dengan musyawarah permasalahan yang terlanjur menjadi konflik diharapkan dapat diselesaikan degan kepala dingin.

13.  Bawa Barang-barang Favorit Anda
Melakukan pekerjaan merupakan suatu pekerjaan yang harus dijalani dengan enjoy dan hati yang senang. Maka tidak ada salahnya anda mengerjakan pekerjaan anda dengan didampingi barang-barang favorit anda. Buat senyaman mungkin suasana kerja anda dengan barang-barang tersebut, sehingga kinerja anda menjadi lebih baik. Adapun barang-barang yang mungkin dapat anda bawa berupa: boneka, aksesoris, makanan ringan, foto-foto, atau barang lain yang anda sukai dan sekiranya dapat menimbulkan motivasi dan semangat bagi anda untuk bekerja.

Demikianlah tips yang saya dapat sampaikan kepada anda pekerja keras, semoga tulisan saya dapat bermanfaat bagi kinerja anda di tempat kerja dan semoga dapat diinformasikan ke rekan kerja yang lainnya.
Thank’s ….

0 comments:

Post a Comment