Pages

Sunday, January 20, 2013

Metode Pembelajaran-Eksperimen


Metode Eksperimen

a. Pengertian Metode Eksperimen
Para ahli mengadakan bermacam-macam percobaan yaitu mengadakan eksplorasi di bidang sains dan tekhnologi, guna menjawab permasalahan yang bertujuan untuk mencari kebenaran dan dapat dimanfaatkan bagi kelangsungan hidup manusia.
Demikian pula, orang belajar dengan cara mengadakan metode eksperimen seyogyanya dikembangkan oleh guru disekolah dalam membimbing proses belajar siswa secara berencana, terus menerus dan berkesinambungan.
Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran dengan menggunakan percobaan. Dengan melakukan eksperimen berarti siswa melakukan kegiatan yang mencakup pengendalian variable, pengamatan, melibatkan pembanding atau kontrol, dan penggunaan alat-alat praktikum. Dalam proses belajar mengajar dengan metode eksperimen ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri.[1]
Ada juga para ahli yang mengartikan metode eksperimen adalah cara penyajian bahan pelajaran dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami untuk membuktikan sendiri suatau pertanyaan atau hipotesis yang dipelajari.[2] Ada juga yang mengartikan metode eksperimen adalah salah satu cara mengajar, dimana siswa melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru.[3]
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen adalah cara penyajian bahan pelajaran dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami untuk membuktikan sendiri suatu pertanyaan atau hipotesis yang dipelajari, kemudian hasil pengamatan itu di sampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru.

b. Pelaksanaan Metode Eksperimen
Dalam proses belajar mengajar dengan metode eksperimen, siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu obyek, keadaan. Langkah-langkah dalam penerapan eksperimen ini terdiri dari; a). Persiapan eksperimen, yaitu mempersiapkan segala sesuatu untuk dilaksanakannya eksperimen tersebut. b). Pelaksanaan eksperimen, dalam pelaksanaan ini siswa mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek, menganalisis membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek. c). Tindak lanjut.[4]

c. Keuntungan Penggunaan Metode Eksperimen
Adapun keuntungan dan juga kebaikan memakai metode eksperimen ini adalah; (a) Dapat memberikan gambaran yang konkrit tentang suatu peristiwa. (b) Siswa dapat mengamati proses dan
memperoleh pengetahuan episode. (c) Siswa dapat mengembangkan ketrampilannya. (d) Siswa dapat mengembangkan sikap ilmiah. (e) Membantu guru untuk mencapai tujuan pembelajaran lebih efektif dan efisien. (f) Siswa belajar dengan mengalami dan mengamati sendiri suatu proses atau kejadian. (g) memperkaya pengalaman dengan hal-hal yang bersifat obyektif dan realistis. (h) mengembangkan sikap berfikir ilmiah. (i) hasil belajar akan tahan lama dan internalisasi.




[1] Nuryani r,op.cit ., hlm.109.
[2] Syaiful Sagala, op.cit, hlm. 220
[3] Roestiyah, op.cit, hlm. 80
[4] Joseph Mbulu, Pengajaran Individual Pendidikan, Pendekatan, Metode, , Dan Media Pedoman Mengajar Bagi Guru Dan Bagi Calon Guru,(Malang, PT Elang Emas, 2001), hlm. 58-59.

0 comments:

Post a Comment