Metode
Eksperimen
a. Pengertian
Metode Eksperimen
Para
ahli mengadakan bermacam-macam percobaan yaitu mengadakan eksplorasi di bidang
sains dan tekhnologi, guna menjawab permasalahan yang bertujuan untuk mencari
kebenaran dan dapat dimanfaatkan bagi kelangsungan hidup manusia.
Demikian pula, orang belajar dengan cara mengadakan metode eksperimen seyogyanya dikembangkan oleh guru disekolah dalam membimbing proses belajar siswa secara berencana, terus menerus dan berkesinambungan.
Demikian pula, orang belajar dengan cara mengadakan metode eksperimen seyogyanya dikembangkan oleh guru disekolah dalam membimbing proses belajar siswa secara berencana, terus menerus dan berkesinambungan.
Metode
eksperimen adalah cara penyajian pelajaran dengan menggunakan percobaan. Dengan
melakukan eksperimen berarti siswa melakukan kegiatan yang mencakup
pengendalian variable, pengamatan, melibatkan pembanding atau kontrol, dan penggunaan
alat-alat praktikum. Dalam proses belajar mengajar dengan metode eksperimen ini
siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri.[1]
Ada
juga para ahli yang mengartikan metode eksperimen adalah cara penyajian bahan
pelajaran dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami untuk membuktikan
sendiri suatau pertanyaan atau hipotesis yang dipelajari.[2] Ada juga yang
mengartikan metode eksperimen adalah salah satu cara mengajar, dimana siswa melakukan
suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil
percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi
oleh guru.[3]
Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen adalah cara penyajian bahan
pelajaran dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami untuk membuktikan
sendiri suatu pertanyaan atau hipotesis yang dipelajari, kemudian hasil pengamatan
itu di sampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru.
b. Pelaksanaan
Metode Eksperimen
Dalam
proses belajar mengajar dengan metode eksperimen, siswa diberi kesempatan untuk
mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati
suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang
suatu obyek, keadaan. Langkah-langkah dalam penerapan eksperimen ini terdiri dari;
a). Persiapan eksperimen, yaitu mempersiapkan segala sesuatu untuk
dilaksanakannya eksperimen tersebut. b). Pelaksanaan eksperimen, dalam
pelaksanaan ini siswa mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek,
menganalisis membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek.
c). Tindak lanjut.[4]
c. Keuntungan
Penggunaan Metode Eksperimen
Adapun
keuntungan dan juga kebaikan memakai metode eksperimen ini adalah; (a) Dapat
memberikan gambaran yang konkrit tentang suatu peristiwa. (b) Siswa dapat
mengamati proses dan
memperoleh
pengetahuan episode. (c) Siswa dapat mengembangkan ketrampilannya. (d)
Siswa dapat mengembangkan sikap ilmiah. (e) Membantu guru untuk mencapai tujuan
pembelajaran lebih efektif dan efisien. (f) Siswa belajar dengan mengalami dan
mengamati sendiri suatu proses atau kejadian. (g) memperkaya pengalaman dengan
hal-hal yang bersifat obyektif dan realistis. (h) mengembangkan sikap berfikir
ilmiah. (i) hasil belajar akan tahan lama dan internalisasi.
0 comments:
Post a Comment