Pages

Thursday, January 24, 2013

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PAKEM


A.    LANDASAN TEORITIS STRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM
Pendidkan merupakan kunci utama semua kemajuan dan perkembangan yang berkaualitas, sebab dengan pendidikan manusi dapat mewujudkan semua potensi dirinya baik sebagai pribadi maupun sebagai masyarakat.
Dalam rangka mewujudkan potensi diri menjadi multiple kompetensi harus melewati proses pendidikan yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan teori belajar, melalui pendekatan lingkungan pembelajaran menjadi bermakna. Buah dari proses pendidikan dan pembelajaran akhirnya akan bermuara pada lingkungan. Inilah salah satu sisi positif yang melatar belakangi pembelajaran dengan pendekatan lingkungan.
Adapun yang dimaksud dengan pendekatan lingkungan adalah suatau strategi pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sasaran belajar, sumber belajar dan sarana belajar. Hal tersebutdapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah lingkungan dan untuk menanamkan sikap cinta tanah lingkungan (Karti dan Yuliaritingsih, 2002).
Pembelajaran dengan pendekatan lingkungan sangat efektif diterapkan di sekolah dasar. Hal ini relevan dengan tingkat perkembangan intelektual usia sekolah dasar (7-11 tahun) berada dalam tahap operasional konkret (Piaget, dalam Wills: 154). Hal senada dikatakan Margaretha S. Y., (2002) bahwa kecenderungan siswa sekolah dasar yang senang bermain dan bergerak menyebabkan anak-anak lebih menyukai belajar lewat ekspolrasi dan penyelidikan di luar ruang kelas.
Konsep-konsep sains dan lingkungan sekitar siswa dapat dengan mudah dikuasai siswa melalui pengamatan pada situasi yang konkret. Dampak positifdari diterapkkannya pendekatan lingkungan yaitu siswa dapat terpacu memilik sikap rasa keingintahuannya lebih tinggi.
Empat pilar pendidikan, yakni:
1.     Learning to know (belajar untuk mengetahui)
2.     Learning to be (belajar untuk jadi dirinya)
3.     Learning to do (belajar untuk mengerjakan sesuatu)
4.     Learning to life together (belajar untuk bekerja sama)
Hal tersebut dapat terwujud melalui proses pembelajaran dengan menggunakan pendeatan pembelajaran yang dikemas efektif untuk pencapaian kompetensi yang diharapkan. [1]

B.    SKENARIO PEMBELAJARAN PAIKEM
Secara garis besarnya bahwa pembelajaran PAIKEM adalah:
1.     Guru berusaha untuk membangkitkan semangat dengan menggunakan alat bantu,
2.     Guru mengatur kelas sedemikian rupa agar lebih kondusif untuk situasi pembelajaran, dan membuat siswa betah di kelasnya.
3.     Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, dan
4.     Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatau masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menata lingkungan belajar.
Empat prinsip yang harus dipegang dalam melaksanakan strategi pembelajaran PAIKEM, yaitu:
1.     Mengalami,
2.     Komunikasi,
3.     Interaksi,
4.     Refleksi.
1.     Teknis Pelaksanaan Strategi PAIKEM
Gambaran pelaksanaan strategi PAIKEM, dapat terlihat dari kegiatan-kegiatan yang terjadi selama pembelajaran di kelas. Baik kegiatan yang dilakukan oleh guru, maupun oleh peserta didiknya. Kemampuan guru akan sangat berpengaruh dalam pelaksanaan strategi ini, karena se-aktif apapun siswa, gurulah yang tetap memegang kendali dari proses pembelajaran yang sedang berlangsung.[2]
2.     Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan strategi PAIKEM
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru agar strategi PAIKEM dapat dilaksanakan dengan baik. Hal-hal tersebut adalah:
1.     Memahami sifat yang dimiliki anak
2.     Mengenal anak secara perorangan
3.     Memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar
4.     Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memcahkan masalah.
5.     Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik
6.     Memanfaatkan lingkungan belajar sebagai sumber belajar
7.     Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar
Membedakan antara aktif fisik dan aktif mental[3]


[1] h. 270-271
[2] h. 271-272
[3] h. 273-275

0 comments:

Post a Comment